Cara Merawat Payudara Saat Masa Menyusui

08.06 Desti 0 Comments

Perlu diketahui bahwa payudara terdiri atas lemak, kelenjar dan saluran (ductus). Sedang di bawahnya terdapat otot penyangga, yaitu otot pectoralis mayor. Untuk menjaga payudara agar tetap kencang dan tidak kendur, apalagi setelah proses kehamilan dan menyusui, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:
  • Menjaga kekuatan otot penyangga payudara, yaitu dengan melakukan latihan, seperti mengangkat beban dengan dumbbell atau push up. Olahraga berenang, tenis, jogging, dan hiking juga bisa menguatkan otot dada dan membuat dada sedikit terbusung.
  • Untuk menjaga kencangan kulit dan mencegah terbentuknya stretchmarks pada kulit payudara, oleskan krim atau lotion khusus yang mengandung vitamin dan minyak zaitun.
  • Lakukan pemijatan secara teratur pada area payudara. Bisa juga dilakukan dengan perawatan spa khusus payudara. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah ke payudara dan menjaga elastisitas kulit payudara.
  • Gunakan bra yang tepat dan sesuai ukuran payudara. Jangan sampai ada bagian yang terselip, sehingga akan mengganggu aliran darah di area payudara, dan mengubah bentuk payudara.

You Might Also Like

0 komentar: