Tips Menjaga Fungsi Roda Mobil Saat Mudik

18.35 Desti 0 Comments


roda
Berikut Tips Menjaga Fungsi Roda Mobil Saat Mudik
  1. Pastikan ketebalan kembangan ban mobil Anda masih di atas 1,6 mm. Semakin halus kembangan ban, berisiko menyebabkan roda tergelincir atau selip. Lebih baik ganti dulu ban Anda jika kembangan menipis sebelum dipakai mudik. Untuk mengeceknya ketebalan kembangan ban, lihat tandatread wear indicator (TWI) yang ada di dalam kembangan ban. Posisinya biasa ditunjukkan dengan tanda segitiga pada sisi dekat kembangan ban.
  2. Sesuaikan tekanan ban menurut buku manual kendaraan Anda. Kadang juga ditemukan keterangan tekanan ban pada penutup bahan bakar atau di sekitar pintu sebelah dalam. Gunakan tekanan ban yang ideal. Jika ban terlalu tinggi tekanannya, memeprcepat kembangan ban bagian tengah cepat aus, ban kurang menapak di aspal, dan kurang nyaman. Sementara kalau kurang angin, ban jadi gampang pecah, boros bahan bakar, dan mudah panas hingga terjadi pecah ban.
  3. Jaga spooring dan balancing. Mobil perlu dikalibrasi keselarasan sudut-sudut roda secara berkala. Biasanya setiap 10.000 kilometer perlu kalibrasi ulang. Fungsinya agar terjadi peningkatan efisiensi bahan bakar, ban lebih awet, dan mudah dalam mengendalikan kendaraan karena roda-roda selaras.
  4. Cek pula mur dan baut roda mobil Anda. Pastikan semuanya kencang. Bawa pula ban cadangan dan pastikan kondisi masih laik untuk digunakan.

You Might Also Like

0 komentar: