Cara Cepat dan mudah belajar Anatomi

Pasti deh banyak yang nanya, apa sih Anatomi itu? Mungkin agan yang ada di dunia sosial asing atau mungkin cuman sekedar cuman pernah denger tentang Anatomi. Tapi, untuk agan yang udah pernah belajar Biologi dan atau mungkin masih memelajarinya sampai sekarang, harusnya udah ngga asing lagi dong sama benda yang satu ini

Ya, Anatomi adalah sebuah ilmu yang menjelaskan tentang struktur benda hidup secara umum. Kalo misalkan dibagi lagi, namanya jadi human anatomy (anatomi manusia), zootomy (anatomi binatang), and phytotomy (anatomi tumbuhan).()

Untuk pelajar dan mahasiswa yang masih ketemu sama yang beginian, waduh, harus belajar ekstra lagi nih. Kenapa tuh gan? Soalnya, semua namanya bukan berasal dari bahasa Indonesia, ataupun Inggris lah yang masih rada familiar di kuping kita. Tapi bahasa LATIN gan!

Ini sih pendapat ane, Anatomi itu sebenernya mudah, namun hanya asing didengar dan diucapkan. Nah, ane punya solusi nih gan untuk ngadepin itu semua. Semoga bermanfaat, cekidot gan!

1. Baca berulang ulang
Sebenernya ini cara yang paling tradisional untuk menghafal. Tapi untuk beberapa orang ini sangat ampuh gan! Setelah dibolak dan dibalik tuh materi, karena udah berulang ulang baca, ya dengan sendirinya mereka hafal.

2. Mengucapkannya berulang ulang
Ini cara juga sama sih gan sebenernya sama yang pertama, bedanya kalo ini tuh DIUCAPKAN. Ngga cuman dibaca gan! Semakin sering diucapkan, berarti semakin sering juga kita mendengarnya dan makin familiar juga bagi kuping dan mulut kita.

3. Bawa tempelan/bahannya ke kamar mandi
Daripada mandi sepi apalagi nyanyi nyanyi yang bikin kupin pengang mending sambil diucap aja tuh semua bahan Anatomi yang lagi agan pelajarin sambil bersihin diri

4. Sambil nyetor alias bab
Ini sih namanya sambil menyelam minum coca cola gan! (Karena minum air terlalu mainstream). Boleh dicoba, bagi sebagian orang ini sangat efektif loh gan! Bisa juga membantu dalam proses membagi 2 konsentrasi dalam 1 pekerjaan hehehehe

5. Hubungkan dengan kehidupan sehari hari
Nah kalo yang satu ini sih masuknya lebih ke "habbit" atau kebiasaan. Sebagai contoh, misalnya agan lagi harus hafalin Anatomi tulang hewan seperti sapi misalnya, coba aja agan bayangin, sapi itu kaki depannya ibarat tangan kita, atau gimana deh terserah agan. Contoh lagi nih, misalnya agan lagi jalan jalan sama temen, ada pohon kelapa. Nah sebut tuh, "Oi ada pohon Cocos nucifera nih." Asik ngga tuh?

6.Tantang temen sekelas
Nantang di sini bukan berarti negatif tok nantang ya. Tapi maksudnya, semacam berlomba lomba gitu untuk beradu siapa yang paling menguasai Anatomi ini. Biasanya sih ngga semuanya mau, mereka pasti berpikir: "Ah ngga penting." Padahal, di sini tuh secara ngga langsung ngajak untuk belajar bareng ngafalin Anatomi. Soal peraturan menang atau kalahnya sih bisa agan atur sendiri deh

7. Pake untuk ngeledekin orang
Nah ini gan yang paling unik dan sebenernya pengen ane terapkan di dunia perkampusan ane, dipake untuk ngeledek orang! Contohnya: "Dasar lu Tuberositas! Dasar lu Foramen canalis! Artinya apa? Cari sendiri ye gan!

Sekian nih post dari ane, CMIIW aje nih ye gan artinye Correct Me If I'm Wrong. Kalo kata orang kite mah maap maap kalo ada salah kate tolong dibenerin

About this entry

Poskan Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008